Pajak adalah iuran rakyat kepada Negara berdasarkan peraturan yang dapat dipaksakan dan tidak mendapat balas jasa secara langsung. Adapun salah satu peruntukan pajak berdasarkan RAPBN 2018 adalah untuk infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan perlindungan social dengan alokasi sebesar 1.443,3 triliun rupiah (Kementerian Keuangan Republik Indonesia, RAPBN 2018).

 

Infrastruktur yang saat ini sedang giat-giatnya dibangun oleh pemerintah seperti Jalan Tol Solo – Ngawi, Jalan Tol Trans Jawa dari Merak – Banyuwangi, Bendungan Jatigede di Jawa Barat, Bendungan Titab di Bali, Bandara Sentani di Jayapura, Bandara Juwata di Kalimantan Utara, Pelabuhan Kalibaru DKI Jakarta, serta masih banyak lainnya tentu tidak lepas dari sumber dananya berasal dari pajak yang kita bayarkan kepada pemerintah. Oleh karena itulah membayar pajak merupakan kewajiban kita sebagai seorang warga negara yang baik agar pembangunan negeri ini dapat terus berkesinambungan jalannya.

 

Rumitnya Menghitung Pajak Sendiri

 

Adapun setelah mengetahui pentingnya pajak bagi negeri ini, banyaknya peraturan kerap membuat Wajib Pajak dari kalangan pengusaha maupun karyawan kebingungan, terdapat total 11.728 peraturan yang terbagi (menurut jumlah terbanyak) antara Surat Edaran Pajak sebanyak 3.424 surat, Keputusan Menteri Keuangan sebanyak 2.636 keputusan, Peraturan Menteri Keuangan sebanyak 1.548 peraturan,147 Undang-Undang serta ribuan peraturan, keputusan, instruksi, serta surat-surat lainnya yang harus Wajib Pajak ketahui untuk dapat menghitung pajak dengan benar. Padahal tantangan dunia usaha/dunia pekerjaan sendiri sudah tidak kalah sulitnya. Hal ini sering kali membuat kita jadi tidak memiliki waktu untuk bisa menangani kewajiban pajak kita, baik itu menghitung maupun membayarnya. Di satu sisi kita harus memperhatikan bagaimana perusahaan yang kita miliki ini bisa beroperasi dengan baik, bisa selalu mendatangkan keuntungan sesuai dengan yang diharapkan, di sisi lain kita harus secara cermat menghitung pajaknya.

 

Pentingnya Konsultan Pajak

 

Supaya kita bisa tetap fokus dengan perusahaan namun tetap dengan tidak melupakan kewajiban yang kita punya, dibutuhkan bantuan dari orang lain dalam mengerjakan kewajiban perpajakan bulanan dalam arti menghitung pajak perusahaan kita sekaligus membayarkannya, serta melaporkan laporan pajak setiap bulannya, daripada kita memaksakan diri untuk melakukannya sendiri. Yang ada nantinya malah tidak berhasil dua-duanya, tidak fokus.

 

Orang lain yang bisa kita mintai bantuannya untuk menghitung, membayarkan serta melaporkan secara tepat waktu adalah konsultan pajak. Konsultan pajak bisa membantu Wajib Pajak dalam memecahkan problematika pajak yang ada pada perusahaan.

 

Seberapa Besar Manfaat Dari Konsultan Pajak

 

Konsultan pajak memiliki manfaat yang signifikan pada perusahaan. Seorang konsultan pajak yang sudah berpengalaman dan profesional akan berusaha bekerja sebaik mungkin dalam melakukan tax planning / perencanaan pajak sehingga pajak yang dibayarkan perusahaan dapat optimal sehingga tidak menimbulkan denda/sanksi administrasi yang dapat membenani keuangan perusahaan.

 

Jadi di sini semua hal sudah ditangani dengan baik oleh konsultan pajak, mulai dari membuat laporan sampai dengan pelaporannya. Yang Perusahaan lakukan hanyalah melakukan korespondensi data-data perusahaan yang tentunya akan dijaga dengan baik keamanan serta kerahasiaannya. Dan apabila jika suatu saat ada pemeriksaan pajak, sudah ada konsultan pajak yang bisa menangani semuanya dengan baik.

 

Kantor Konsultan Pajak Di Jakarta

 

Seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang membutuhkan jasa dari seorang konsultan pajak untuk menangani pajak secara perseorangan maupun perusahaan, semakin banyak pula bermunculan kantor konsultan pajak di seluruh Indonesia, salah satunya di kota Jakarta.

 

Jakarta sebagai ibu kota dari negara Indonesia sudah pasti memiliki banyak kantor konsultan pajak, di setiap wilayahnya, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Jakarta Pusat.

 

Di setiap wilayah yang ada Perusahaan bisa mendapatkan kantor konsultan pajak yang handal, yang sudah lama terbukti kualitasnya.

 

Pada umumnya kantor konsultan pajak ini akan menawarkan kepada Perusahaan antara lain jasa untuk membuatkan laporan pajak SPT bulanan dan tahunan. Kemudian juga akan memberikan jasanya membuatkan perhitungan dan pelaporan PPH (Pajak Penghasilan), baik untuk perorangan maupun perusahaan.

 

Connect With Us

Kelapa Gading

Rukan Plaza kelapa Gading (inkopal) Blok A No.23A
Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading – Jakarta Utara
+6221 2957 8617 / +6221 2957 8617
contact@smconsult.co.id

Alam Sutera

Ruko Jalur Sutera
Jalur Sutera Timur 3B No.16 Alam Sutera – Tangerang
+6221 2958 6717
contact@smconsult.co.id